Turunkan Kadar Kolesterol, Ini Olahraga yang Dapat Dilakukan

0

Kuasa.ID, KESEHATAN – Melansir dari detik.com, meningkatanya kadar kelesetrol pada manusia disebabkan gaya hidup yang tidak sehat.  Ancaman akan risiko penyakit jantung tak terhindarkan. Salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh adalah dengan berolahraga.

Menurut, dr Adeline, agar dapat terhindar dari menumpuknya kolesterol LDL dan berbagai jenis penyakit, disaranakan agar terus melakukan olahraga rutin sehari minimal 30 menit dan paling tidak dilakukan selama 12 minggu.

Dijelaskanya,  pada dasarnya tidak ada olahraga yang spesifik dapat menurunkan kolesterol. Semua olahraga khususnya yang bersifat aerobik dan melibatkan otot-otot besar, seperti berlari, jalan cepat, bersepeda, renang, atau senam yang sifatnya dapat meningkatkan heart rate dapat membantu membakar kalori karena energi yang dihasilkan oleh lemak dapat terbakar dan menurunkan kolesterol dalam darah.

“Sebenarnya, sebagian besar orang yang hiperkolesterol adalah orang yang obesitas sehingga penurunan berat badan karena olahraga akan ikut menurunkan kolesterol juga,” imbuh dr Adeline.

Seperti dikutip dari Healthline, pada tahun 2002 peneliti dari Duke University Medical Center menemukan olahraga dapat meningkatkan jumlah dan ukuran partikel yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh. Mereka yang berolahraga dinilai lebih banyak memiliki partikel yang lebih besar dan ‘lebih empuk yang cenderung menyumbat arteri.

Selain itu, dengan pola makan sehat yang disertai tinggi serat juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat. Selain konsumsi tinggi serat, menjaga tubuh dari kolesterol jahat juga dapat dibantu dengan mengonsumsi Nutrive Benecol secara rutin 2 kali sehari segera setelah makan.

Nutrive Benecol mengandung Plant Stanol Ester (PSE) yang telah teruji klinis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah 7-10% jika dikonsumsi teratur 2 kali sehari dalam 2-3 minggu. Kandungan 1 gram Plant Stanol Ester yang terdapat di dalam sebotol Nutrive Benecol setara dengan 3 gram beta glucan yang terdapat dalam 3 mangkuk oat.(*)

Sumber.detik.com

Leave A Reply

Your email address will not be published.