Kajari Kotamobagu Hadiri Kunjungan Kerja Virtual Jaksa Agung

KOTAMOBAGU – Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kotamobagu, Elwin Agustian Khahar, SH, MH, menghadiri kunjungan kerja virtual Jaksa Agung, ST. Burhanuddin, Senin, 29 Agustus 2022.

Kegiatan tersebut, Kajari Elwin, turut didampingi Kasi Intelijen, Meidy Wensen, SH, Kasi Pidum, Prima Poluakan, SH, Kasi Pidsus, Agus Susandi, SH, MH, Kasie Datun, Mariska Kandou, SH, MH, Kasubbagbin, Jodi Mamonto, serta staf Kejari Kotamobagu.

Dalam arahannya, Jaksa Agung, ST. Burhanuddin, mengatakan masyarakat terus memantau bagaimana kejaksaan dalam memberikan pelayanan publik secara profesional dan tuntas. Barometer baik buruknya persepsi publik terhadap institusi kita dapat dilihat dari seberapa besar capaian public trust yang kita raih.

Berdasarkan hasil survey nasional dari Lembaga Survey Indikator khususnya terkait Kepercayaan Terhadap Lembaga Penegak Hukum tanggal 11 sampai dengan 17 Agustus 2022 menunjukan tren kepercayaan publik terhadap Kejaksaan menjadi yang tertinggi diantara lembaga penegak hukum lain.

“Kejaksaan mencapai persentase 63,4% (enam puluh tiga koma empat persen),” ungkap Jaksa Agung.

Dikatakannya, Angka tersebut menandakan terdapat peningkatan kepercayaan publik yang sebelumnya pada Mei 2022 institusi dibandingkan dengan persentase yang didapatkan oleh KPK maupun POLRI.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa saat ini Kejaksaan merupakan satu-satunya lembaga penegak hukum yang mengalami peningkatan dalam hal tingkat kepercayaan publik, sementara Komisi Pemberantasan Korupsi mengalami stagnansi, sedangkan Polri mengalami penurunan kepercayaan masyarakat yang cukup signifikan.

“Survey itu menyiratkan bahwa harapan Presiden yang disampaikan pada tahun 2020 lalu agar Kejaksaan menjadi role model penegakan hukum yang profesional dan berintegritas telah kita wujudkan,” sebut Jaksa Agung.

Lanjut ia menambahkan, Selaras dengan hal tersebut, Komisi III DPR RI selaku mitra kerja strategis Kejaksaan turut memberikan apresiasi.

“Dapat dikatakan bahwa hal yang dicapai saat ini benar-benar monumental, untuk pertama kalinya sepanjang 77 tahun Indonesia merdeka, pujian disampaikan oleh Presiden dengan menyebutkan pada Upacara Peringatan HUT RI Ke-77,” pungkas Jaksa Agung. (*/gi)

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.