Asripan Nani: RPJPD 2025-2045, Pedoman Utama Pembangunan Jangka Panjang Kotamobagu

 

KOTAMOBAGU – Penjabat (Pj) Wali Kota Kotamobagu, Asripan Nani, menghadiri Rapat Paripurna DPRD Kota Kotamobagu dalam rangka Pembicaraan Tingkat I Penyampaian Ranperda Tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kota Kotamobagu Tahun 2025-2045. Acara tersebut digelar di Gedung DPRD Kota Kotamobagu pada Selasa (6/8/2024).

Dalam sambutannya, Asripan Nani menekankan pentingnya RPJPD sebagai pedoman utama dalam menetapkan arah dan pokok pembangunan jangka panjang daerah. “Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah atau RPJPD memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis, mengingat RPJPD merupakan pedoman akan arah dan pokok sasaran pembangunan jangka panjang daerah, serta landasan bagi kita semua dalam penyusunan rencana pembangunan lima tahunan dan tahunan,” ujar Asripan.

Asripan menambahkan bahwa dokumen perencanaan ini berfungsi sebagai patokan arah dalam pembangunan sosial dan ekonomi, yang membutuhkan sinkronisasi dan sinergitas dari semua pihak, termasuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD). “Dokumen perencanaan juga merupakan patokan arah dalam pembangunan sosial dan ekonomi, sehingga sangat dibutuhkan sinkronisasi dan sinergitas dari semua pihak, termasuk OPD, agar program-program dan kegiatan pembangunan lebih terukur, tepat sasaran, serta sesuai dengan kebutuhan daerah dan program-program prioritas pembangunan,” ungkapnya.

Dengan adanya Peraturan Daerah yang mengatur tentang RPJPD Kota Kotamobagu Tahun 2025-2045, Asripan berharap dapat menciptakan arah pembangunan yang jelas, memastikan keterpaduan perencanaan, meningkatkan partisipasi masyarakat, dan strategi yang efektif dalam mencapai visi jangka panjang Kota Kotamobagu yang lebih baik dan berkelanjutan.

Turut hadir dalam rapat tersebut, Ketua DPRD Kota Kotamobagu Meiddy Makalalag, Wakil Ketua DPRD Kota Kotamobagu Syarifuddin J. Mokodongan, para anggota DPRD Kota Kotamobagu, perwakilan Forkopimda, para asisten, pimpinan OPD Pemkot. (Lamk)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.