KPU Boltim Gelar Bimtek Pemutakhiran Data untuk Pilkada 2024

 

BOLTIM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemutakhiran data pemilih, coklit serta penggunaan Aplikasi E-Coklit untuk Pilkada 2024.

Kegiatan tersebut berlangsung di Hotel Sutan Raja Kotamobagu, turut dihadiri Ketua KPU Boltim, Rusmin Mamonto, Kadiv Data dan Perencanaan, Adechilmi Abukasim, Kadiv Teknis, Nugroho Lasabuda, Kadiv Parmas, Ikal Salehe, Sekretaris KPU dan jajaran, beserta seluruh PPK dan PPS se-kabupaten Boltim

“Kerja-kerja Pantarlih yang akan kita rekrut ini akan menghasilkan data pemilih yang kemudian akan digunakan untuk tahapan pilkada nanti serta tahapan lainnya seperti tahapan logistik dan teknis,” ucap Ketua KPU Boltim Rusmin Mamonto dalam arahannya.

Lanjutnya Rusmin mengungkapkan bahwa Dalam proses pemutakhiran data pemilih tersebut pihaknya mengundang PPK dan PPS se-kabupaten Boltim untuk memberikan Bimtek Terkait dengan E-Coklit yang nantinya akan dilaksanakan oleh Pantarlih.

“Karena nantinya teman-teman PPK dan PPS yang akan melakukan pendampingan terhadap Pantarlih di masing-masing wilayah, jangan biarkan teman-teman Pantarlih yang kita rekrut bekerja sendiri kita semua harus memastikan apa yang mereka lakukan atau ada kendala di lapangan harus terkonfirmasi secara berjenjang mulai dari PPS, PPK dan KPU,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Rusmin menyampaikan bahwa setelah menerima materi tentang Pengoperasian E-Coklit pihaknya juga akan melaksanakan Simulasi terkait dengan tugas-tugas Pantarlih di lapangan.

“disimulasi itu kita akan laksanakan seperti apa tugas-tugas Pantarlih di lapangan dan akan diperankan oleh teman-teman PPK dan PPS, nanti disitu kita melihat apa yang menjadi kendala-kendala di lapangan terkait dengan Pencoklitan supaya hal-hal yang berpotensi masalah akan diketahui solusi apa yang akan kita laksanakan agar di hari H nanti Pantarlih yang akan kita rekrut dapat bekerja sesuai yang kita harapkan bersama,” harapnya

Sementara Kadiv Data dan perencanaan Adechilmi Abukasim Komisioner KPU Boltim pada sambutannya menyampaikan, adapun tujuan dari bimbingan teknis ini adalah untuk memberikan edukasi dan arahan kepada seluruh anggota PPK dan PSS se-Kabupaten Boltim.

“Nantinya PPK akan memberikan informasi tentang penggunaan aplikasi E-Coklit kepada Panitia Pemungutan Suara, yang juga nantinya akan disampaikan kepada Pantarlih yang akan direkrut nanti,” ungkap Adechilmi

Nugroho Lasabuda Divisi Teknis menuturkan, Panitia Pengawas Pemilu kecamatan harus menggelar rakor.

“Saya berharap selesai bimtek ini semua PPK kecamatan harus konsolidasi atau rakor dengan panwascam tentang teknis pencoklitan dan perekrutan Pantarlih,” tuturnya.

Ikal Salehe Kadiv Parmas menegaskan, PPK dan PPS jaga marwa dan Integritas

“Bahwa hari ini kita harus paham UUD 10 Tahun 2020 Tentang Pilkada, serta kita harus menjaga integritas, birokrasi yang netral dan semoga apa yang Saya sampaikan ini akan dipahami kalian, dan sekali lagi jaga marwa kita,” tegasnya. (Lamk)

 

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.