Ini Cara Merawat Kulit Ibu Sesudah Operasi

0

Kuasa.ID, KESEHATAN –  Melansir dari laman suara.com, paska operasi merupakan saat di mana seorang perlu memperhatikan perwatan kulit. Tindakan perawat kulit yang tepat paska operasi diharuskan menggunakan steril dressing untuk area luka. Pada umumnya, luka operasi rata-rata akan sembuh sekitar dua minggu paska operasi dengan perawatan yang tepat.

Hal tersebut dikarenakan, kulit merupakan bagian terluar dari tubuh, perlindungan dan perawatan kulit pun diperlukan guna menjaga kesehatan tubuh. Tak terkecuali bagi wanita, perawatan ekstra untuk kulit juga sangat penting setelah melakukan operasi bedah baik melahirkan atau operasi lainnya.

“Kami berinovasi untuk generasi baru dari solusi perawatan luka. Dari pelindung kulit revolusioner dan pembalut perawatan luka generasi terbaru hingga sistem kompresi cerdas dan plester medis terbaik di kelasnya, kami memiliki solusi dan dukungan yang Anda butuhkan dalam memberikan perawatan sebaik mungkin. 3M C-section system hadir untuk memberikan perawatan dan perlindungan kulit terbaik untuk para ibu.” ungkap Vaibhav Gupta, Country Business Director Health Care, PT 3M Indonesia kepada Suara.com.

Guna merawat kulit pasca operasi, ada 3 solusi yang bisa dilakukan melalui rangkaian 3M C-section dari 3M. Berikut di antaranya.

Meminimalisir luka dan risiko infeksi

Perjuangan menjadi seorang Ibu tidaklah mudah, tidak jarang seorang Ibu mengalami proses melahirkan buah hati yang sulit salah satunya melalui operasi bedah cesar. Setelah menjalani proses operasi bedah yang berat, proses pemulihan pun membutuhkan perawatan intensif untuk kulit yang luka.

Steri-Strip Adhesive Skin Closures dari 3M adalah plester perekat kulit yang dapat digunakan untuk menutup luka yang cukup dalam untuk plester biasa namun tidak cukup parah untuk membutuhkan jahitan. Steri-Strip dapat menjaga luka sayatan bedah operasi cesar agar dapat menutup dengan meminimalisir luka dan tetap bersih terlindungi dari risiko infeksi. Mudahnya pemasangan Steri-Strip dan lembut di kulit memudahkan pasien untuk menggunakan dan melepas sendiri dengan/ tanpa dampingan perawat kesehatan. Studi klinis pun sudah membuktikan bahwa dengan aplikasi Steri-Strip dapat menurunkan tingkat resiko infeksi.

Melindungi kulit

Pada kulit yang mengalami luka, memerlukan lapisan pelindung untuk menjadi penghalang dari kontak luar serta menjaga proses penyembuhan kulit. Cavilon No Sting Barrier Film dari 3M merupakan plester cair yang membentuk lapisan pelindung antara bahan perekat dengan kulit manusia. Cavilon dapat melindungi kulit yang luka dari paparan luar yang dapat memperburuk penyembuhan. Selain itu, Cavilon juga dapat digunakan untuk mencegah kerusakan kulit sebelum terjadi, melindungi kulit yang berisiko dan mendorong pemeliharaan kulit yang sehat dan utuh.

Setelah menggunakan Cavilon gunakan perlindungan kulit tambahan dengan Tegaderm + Pad Film Dressing dari 3M, film yang dapat melindungi kulit dari paparan gesekan, bebas bahan perekat, dan bakteri. Tegaderm bersifat hipoalergenik dan non-sitotoksik, perekat kuat serta mudah dilepas, nyaman dan tidak akan perih ketika ditempelkan pada kulit yang terluka.

Bebas bekas luka

Luka operasi bedah pun dapat bebas dari bekas luka jika perawatan kulit terbaik dengan produk 3M segera dilakukan. Steri-Strip selama lebih dari 50 tahun telah teruji klinis memberikan hasil kosmetik yang lebih baik dibandingkan menggunakan benang jahit dan staples, baik mengurangi trauma jaringan, mengurangi pembentukan bekas luka, dan efisien secara biaya. Hal ini tentunya menjadi berita baik dan dapat membantu meningkatkan percaya diri para Ibu yang sedang melakukan perawatan paska operasi bedah melahirkan.(*)

Sumber: suara.com

 

Leave A Reply

Your email address will not be published.